Sebagian besar dari kita tentu mengenal film animasi, seperti Toy Story, Up!, Monster Inc, dan lain sebagainya. Namun, tahukan Anda soal proses pembuatan film animasi terbaru 2020 sampai bisa dinikmati di layar bioskop?! Bayangkan saja, satu detik animasi, animator membutuhkan 24 frame di dalamnya. Tentu Anda bisa membayangkan proses produksi film animasi terbaru yang tidak bisa dibilang sederhana.

Namun, jangan sampai Anda menyamaratakan semua jenis film animasi karena setiap jenisnya memiliki kesulitan berbeda-beda. Melalui tingkat kesulitan berbeda, sudah pasti memilik cara maupun tahap yang berbeda pula. Ini dia proses pembuatan animasi yang harus Anda tahu untuk menilai atau agar tidak menganggap sederhana proses pembuatannya.

  • Pertama, membuat storyboard. Bisa dikatakan jika storyboard merupakan alur cerita dari awal sampai akhir. Pembuatan alur cerita ini sangat penting perannya bagi proses produksi film animasi, terlebih pembuatan yang dilakukan berkelompok. Membuat storyboard, selain menentukan alur cerita, tetapi mengupas tentang ekspresi di setiap adegan, komunikasi, dan detail lainnya. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan jalannya cerita agar bisa dinikmati para penonton.
  • Mendesain karakter. Sesudah selesai membuat alur cerita, maka animator harus menghadirkan karakter yang relevan dengan alur cerita, ekspresi, dan beberapa detail lain. Kerap animator menjadikan pengambilan gambar dengan video untuk memperjelas ekspresi untuk karakter-karakternya.
  • Ketiga, masuk ke tahap produksi. Selama masa produksi, akan banyak hal yang dilakukan. Pertama, animator dan tim akan membuat frame kunci dan in between. Nah, frame kunci atau keyframe merupakan gambar sketsa berisikan gambar besar dari cerita. In between merupakan penyempurnaan gambar keyframe dengan menambah gerakan pada objek dalam cerita tersebut. Sesudah gambar selesai di komputer atau perangkat pengerjaan, maka proses berikutnya adalah mewarnai objek-objek di setiap frame.
  • Tahap terakhir, editing dan finishing. Pada tahap terakhir harus dilakukan untuk menggabungkan frame yang telah dibuat sebelumnya. Selanjutnya, memberikan suara (bila perlu) dan melakukan editing video yang telah selesai. Penyesuaian pada video editing yang perlu Anda perhatikan, antara lain durasi, dubbing, transisi antar-frame, dan lain sebagainya.
4 Proses Pembuatan Film Animasi Terbaru

Memang proses pembuatan film animasi terbaru hanya membutuhkan 4 proses saja. Namun, proses tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk menyelesaikan 1 film animasi saja, prosesnya bisa memakan waktu hingga 6 bulan bahkan 1 tahun.